Bidang kesehatan saat ini dan diproyeksi dimasa depan akan menjadi isu global. Ternyata modernisasi tidak hanya soal teknologi yang canggih. Pandemi Covid-19 membuat dunia mulai menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan.

Bila kamu punya kesadaran tinggi dan passion terhadap kesehatan maka dapat disalurkan ketika memilih jurusan kuliah di bidang kesehatan. Perlu kamu tahu jurusan kuliah bidang kesehatan bukan hanya fakultas kedokteran. Namun lebih luas dari itu. Pendaftaran kuliah online saat ini masih banyak terutama di jurusan kesehatan.

Mungkin persepsi diluar sana mengira jurusan kuliah dibawah ini hanya “pelarian” dari fakultas kedokteran. Namun apabila kamu memang minat mengabdikan diri pada bidang kesehatan, maka 6 jurusan kuliah untuk kamu yang berminat di bidang kesehatan patut untuk dipertimbangkan.

  1. Ilmu Gizi

Jurusan Ilmu Gizi mempelajari tentang hubungan antara makanan yang diasup dengan pengaruhnya pada kesehatan tubuh yang dihasilkan oleh gizi tersebut.

Kamu cocok mengambil jurusan ilmu gizi terlebih kamu memiliki kemampuan persuasi yang baik serta kepedulian tinggi terhadap sesama. Karena erat kaitannya dengan kecukupan gizi masyarakat. Juga memperhatikan sektor suplai makanan yang bergizi, semisal pertanian. Serta hal terkait lainnya seperti ekonomi dan sosial budaya. Lulusan jurusan ini juga bisa menjadi ahli diet dan nutrisi.

  1. Farmasi

Suka dunia kimia dan biologi? Maka tidak ada salahnya mendalami minat kamu dengan ambil jurusan Farmasi. Pada jurusan kuliah ini akan dipelajari struktur senyawa obat. Nah, daripada menyalahgunakan pemakaian obat. Mending perdalam ilmu soal obat-obat dengan baik dan bertanggung jawab. Lewat jurusan kuliah Farmasi. Lulusan dari jurusan kuliah ini salah satunya bisa menjadi dokter pengobatan preventif.

  1. Nutrisi dan teknologi pangan

Mirip-mirip dengan jurusan kuliah ilmu gizi, yakni seputar kebutuhan gizi. Bedanya jurusan kuliah Nutrisi dan Teknologi Pangan lebih berfokus pada  produksi pangan dan memastikan hasilnya aman dikonsumsi dani memenuhi kebutuhan gizi yang baik.

  1. Kebidanaan

Jurusan kuliah Kebidanan sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan apa yang ada di jurusan keperawatan. Tapi secara khusus, jurusan Kebidanan akan mempelajari keterampilan merawat wanita terutama Ibu, Bayi baru lahir dan Balita. Untuk menjadi Bidan yang berkualitas, maka perlu menguasai semua ilmu kesehatan terkhusus terkait siklus hidup wanita.

  1. Fisioterapi

Fisioterapi masih belum familiar di Indonesia sebagai sebuah profesi. Tapi tahukah kamu, di dunia sepakbola atau cabang olahraga lainnya, jasa Fisioterapis mulai dibutuhkan guna merawat atlet dari cedera.

Orang awam akan mengira ini tukang pijat atau dukun patah. Padahal ilmu fisioterapi sudah mulai dipelajari dalam perguruan tinggi. Jurusan kuliah Fisioterapi adalah cabang dari fakultas kedokteran yang mempelajari tentang gerak tubuh manusia, termasuk didalamnya terkait otot, sendi, serta tulang.

  1. Ilmu keolahragaan

Minat berolahraga juga ada ilmunya loh. Jangan disangka asal olahraga gitu saja. Nah, jika memang kamu gemar berolahraga, mengapa tidak ambil jurusan kuliah ilmu Keolahragaan.

Jurusan Ilmu Keolahragaan mempelajari dasar-dasar ilmu olahraga meliputi kinesiologi, biomekanika, kesehatan, fisiologi, Sosiologi dan Sejarah olahraga. Prospek kerja dari lulusan jurusan kuliah ilmu ini meliputi pelatih dan pemandu olahraga, terapis fisik, serta manager kebugaran dan kesehatan.

Demikian 6 Jurusan Kuliah Untuk Kamu yang Berminat Di Bidang Kesehatan. Memilih jurusan kuliah sesuai passion dirimu tentu diharapkan akan memudahkan langkah dalam menggali ilmu dan semoga menghasilkan lulusan terbaik. Pendaftaran kuliah online membuka lebar peluang kamu untuk masuk jurusan yang dinginkan. Untuk pendaftaran kuliah amu bisa percayakan pada layanan goKampus. Layanan gokampus.com ini sangat memudahkan karena kamu bisa mendaftar di universitas yang kamu inginkan secara online. Lebih dari itu, layanan inijuga membantu kamu untu lebih hemat waktu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here